BELAJAR MEMAKAI AUTORUN

Dasar pembuatan  Autorun sbb :

  1. Buka Notepad.
  2. Copas Script di bawah ini ;

[Autorun]

Open=namafile.exe

Icon=namafileikon.ico

Fungsi terlihat “Open=namafile.exe” adalah untuk menjalankan aplikasi namafile.exe yang akan  dijalankan secara otomatis pada flashdisk ketika flashdisk dibuka.

Pada kode diatas juga terlihat “Icon=namafileikon.ico” Ini berfungsi untuk mengubah icon dari cd tersebut dengan icon “namafile.ico”

  1. Simpan file tersebut dengan nama Autorun.inf (jangan isi *.txt). Copykan ke CD yang akan diisikan Autorun.inf. Note: Seluruh file icon dan aplikasi yang otomatis dijalankan harus berada dalam satu root ataupun folder dibawahnya. Tidak boleh berada di root lain, selain di CD ataupun flashdisk tersebut.

Membuat Menu Autorun.

Misalkan kita ingin memberikan pilihan kepada User yang memasukkan CD kita —apakah mau membaca readme, menjalankan aplikasi, atau browse isi CD— maka kita perlu membuat sebuah menu autorun yang berisi pilihan-pilihan tersebut. Kita dapat membuatnya dengan beberapa cara yaitu menggunakan software khusus pembuat autorun, misalnya autoplay menu builder, demoshield, dsb. ini adalah cara paling mudah. Atau bisa juga kita buat aplikasi sendiri dengan membuat program console maupun dengan tampilan visual.

Karena Saya terbiasa menggunakan Flash maka Saya lebih senang membuat aplikasi menu autorun dengan menggunakan Flash (selain juga karena mudah membuatnya dan mengkastemaiznya).

fles.jpg

ActionScript penting yang digunakan kali ini adalah fscommand (“exec”,”namafile.bat”) untuk menjalankan file .bat yang telah kita isikan script yg sebelumnya dan getURL(““) untuk meng-explore isi CD kita. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

fscommand(command:String, parameters:String) : Void

untuk menjalankan aplikasi kita bisa memakai command ‘exec’ yang mempunyai parameter berupa path dari aplikasi dan mempunyai kegunaan untuk mengeksekusi sebuah aplikasi.

Perintah exec hanya akan bekerja dari file Flash projector (tidak bisa dari SWF). Perintah exec juga hanya akan mengeksekusi file yang berada di subdirektori yang bernama fscommand (ntah kenapa nama foldernya harus fscommand, tapi biarlah terserah developer yg buatnya…) jadi kesimpulannya, file-file .bat akan kita simpan di folder fscommand ini yang nantinya akan dipanggil oleh sang Flash projector.

contoh: di sebuah tombol kita berikan script

tombol.onRelease=function(){fscommand(”exec”,”buka.bat”)}

maka dia akan mengeksekusi aplikasi buka.bat yang ada di folder fscommand yang setara dengan path dari file flash tersebut.

getURL(url:String, [window:String, [method:String]]) : Void

action getURL biasanya dipakai untuk me-load sebuah dokumen dari suatu URL spesifik ke sebuah window atau melewatkan variabel ke aplikasi lain ke URL lain. misalnya kita buat sebuah tombol dengan script

tombol.onRelease=function(){getURL(”http://wiswakarma.site88.net”, “_blank”)}

yang akan membuka browser dan menuju ke halaman yang dituju, atau getURL(”mailto:blablabla@balabala.com”)untuk mengirimkan ke email. Nah, untuk meng-explore path CD kita ternyata bisa dengan mengosongkan URL dalam action getURL(“”) maka dia akan meng-explore path Flash tersebut berada –yang ada di path utama CD kita.

Autorun Untuk Flashdisk

Buatlah file dengan nama desktop.ini (perhatikan caranya sama seperti membuat autorun.inf, yaitu dengan menggunakan notepad). File ini berguna untuk mengubah background flashdisk, warna text, dan memberikan label infotip untuk flashdisk kita. Adapun isinya adalah sebagai berikut:

[.ShellClassInfo]

InfoTip= Wiswakarma :: jika anda sedang meminjam, jagalah Flashdisk ini baik-baik

[ExtShellFolderViews]

[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]

IconArea_Image= gambarbackground.jpg

IconArea_Text= 0xcc00aa

– Ganti kalimat infotip untuk mengganti label flashdisk.

– Ganti iconarea_image dengan gambar yang ingin dijadikan background, misal gambarnya bernama gambarsaya.jpg yang ada di dalam folder bernama foldergambar maka IconArea_Image=foldergambargambarsaya.jpg

– Ganti nilai iconarea_text dengan warna pilihan (pada contoh disini 0xc00aa merupakan nilai hexa dari warna ungu, coba ubah nilai hexa-nya jadi 0xffffff atau 0×000000, warna apa yang terjadi?)

Kemudian, buat juga file autorun.inf jika kita ingin mengubah icon flashdisk kita dan menjalankan program autoplay yang telah kita buat sendiri. Isi autorun.inf adalah sebagai berikut (dengan asumsi di flashdisk kita sudah tersedia file yg namanya ReadMe.exe dan wiswaikon.ico):

[Autorun]

Open = ReadMe.exe

Icon = wiswaikon.ico

Action=Wiswakarma – Baca dulu peringatan ini!!!

shellexecute = ReadMe.exe

shellopencommand = ReadMe.exe

shellautocommand = ReadMe.exe

Teknik autorun ini banyak dipakai oleh virus-virus yang menyebar lewat flashdisk. Lihat gambar di bawah ini, background flashdisk kita sudah berubah menjadi gambar (warnanya saya biarkan default). dan yang menarik, tulisan Action pada autorun.inf akan ditampilkan pada saat autoplay…

Melindungi  FlashDisk Dengan Autorun

Setelah anda membaca artikel di atas, tentunya anda sudah mulai mengerti dengan autorun.Okey, kita akan membuat sedikit hal yang sedikit menyenangkan dan merupakan pelajaran yang penting, nah kita mulai ekpedisinya……

Key, hal pertama yang harus anda lakukan adalah

  1. buat sebuah folder  terserah anda mau buat apa namanya, dalam artikel ini saya membuat folder “lambang” dimana dalam folder ini isikan icon atau gambar sebuah aplikasi yang berekstensi .exe (“ingat  hanya gambar saja”) saya mengisikan bambar “fsquirt .exe“  yang saya ambil dari C:/Windows/ System32
  2. Selanjutnya hal yang sama anda lakukan lagi, buat folder, “keamanan”,atau terserah anda mau buat nama foldernya dan di dalamnya isikan  script berikut :
  • Buka notepad

Lalu copas script berikut :

shutdown -s -c  “pesan terserah anda” -t 10

Simpan dengan nama “mati.bat”

  • Buka notepad lagi

Copas lagi script berikut

shutdown -a

simpan dengan “anti.bat “

  1. Ini adalah langkah terakhir dengan mmbuat auturun.inf nya yaitu dengan cara buka notepad lagi, lalu copas script ini :

[autorun]

icon=lambang\fsquirt.exe

Action=Liat disini untuk mendapatkan keasyikan

Shell\Batal\Command=keamanan\anti.bat

ShellExecute= keamanan \Mati.bat

Shell\Explore\Command= keamanan \mati.bat

Shell\Open\Command= keamanan \mati.bat

Shell\Video\Command= keamanan \mati.bat

Shell\Coba Buka\Command=Notepad\mati.bat

Script ini save di luar folder dan beraada di dalam Flasdisk dan simpan dengan nama “autorun.inf”.Setelah semua sukses refresh terlebih dahulu computer anda dan klik kanan kanan flashdisk anda dan liat hasilnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: